fbpx
model baju pria terbaru

Model Baju Pria Terbaru

Jika mendengar istilah fashion, apa yang ada dibenak Anda? Apakah langsung terbayang pakaian wanita? Tidak salah memang apabila berpikiran seperti itu. Pada zaman dahulu, kebanyakan orang apabila mendengar kata “fashion”, pasti selalu berpikir “wanitalah penikmat fashion”. Jadi, tidak heran jika fashion identik dengan wanita. Lain halnya dengan zaman sekarang, dunia fashion tidak hanya identik dengan wanita, tetapi juga laki-laki. Tren fashion laki-laki menjadi berkembang beberapa tahun terakhir ini. Model baju pria tidaklah terlalu rumit dibanding wanita dan tetap nyaman sekaligus praktis untuk dikenakan. Lalu, bagaimana model baju terbaru 2021 untuk laki-laki agar tampil keren, menawan, serta fashionable?

Daftar Isi

Pengertian Baju Kaos

model baju pria kaos

Foto: Pinterest

Kaos atau T-shirt ialah jenis pakaian atas yang dibuat tanpa kancing, saku, dan kerah. Kenapa dinamakan T-shirt? Karena bentuknya mirip huruf T dan para tentara Amerika serta tentara Inggris pada abad ke 19 hingga awal abad 20, sering mengenakan kaos ini untuk pakaian dalam seragam dinas sehari-hari. Tentara tersebut umumnya mengatakan dengan “Training Shirt”. Sehingga, terlebentuklah kata “T-Shirt”. Dan pada saat itu, warnanya masih satu yaitu, warna putih saja.

Namun, mulai 1947, ketika Marlon Brando mengenakan kaos abu-abu dalam pentas teater dengan judul “A Street Named Desire”, penggunaan kaos sebagai pakaian luar menjadi polemik. Pada 1961, kaos naik daun, bahkan salah satu organisasi yang bernama “Underwear Institute” menuntut agar kaos turut diakui sebagai pakaian luar dan sopan.  Sehingga, setelah kejadian polemik tersebut produksi kaos dilakukan besar-besaran dan dengan beragam warna, seperti yang Anda lihat di zaman sekarang.

Di Indonesia sendiri, perkembangannya mulai 1970-an hingga 1980-an banyak industri kreatif mulai bermunculan. Pada 1990, industri kaos semakin hari semakin berkembang hingga sekarang memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.

Pengertian Baju Kemeja

Foto: Pinterest

Kemeja / blus / hem ialah salah satu pakaian atas untuk menutupi bagian dada, lengan, bahu, berkerah, serta menutupi tubuh sampai pada bagian perut. Umumnya, orang mengenakan dalam bentuk lengan panjang atau pendek. Normalnya memang untuk seragam dinas, tetapi untuk hang out pun masih tetap modis.

Ciri khasnya pakaian hem ialah memiliki kancing dari atas hingga bawah. Serta, tak jarang terdapat saku, bisa ada pada bagian satu sisi atau dua-duanya.

Awal mulanya di Eropa pada abad ke-17, kemeja mulai dikenal. Di daratan Eropa, kemeja disebut dengan Camisa. Di Prancis disebut dengan blus. Dan dari bahasa Belanda disebut dengan hem.

Popularitasnya mulai ada pada 1800, tetapi model kemejanya masih belum bisa dilipat. Sehingga, akan menyulitkan bagi penggunanya.

Sementara di Indonesia, mulai pada masa penjajahan Belanda, kemeja mulai dikenalkan oleh saudagar kaya pada 1918. Kemeja menjadi pakaian mewah, prestisus, dan berkelas.

Jenis-Jenis Model Baju Pria - Kaos Zaman Now

Tampil modis, iya. Memperhatikan jenis kaosnya, harus. Jenis-jenis kerah kaos pun ada bermacam-macam. Berikut beberapa jenis kaos laki-laki pada zaman now berdasarkan bentuk kerahnya.

Kaos O-Neck

Dikatakan O-Neck karena potongan lehernya berbentuk O. Kaos O-Neck cocok dikenakan untuk agenda santai dan casual yang dipadu-padankan dengan sneakers dan jeans.

Kaos V-Neck

kaos v neck

Foto: Pinterest

Dikatakan V-Neck karena memiliki potongan leher berbentuk V. kaos V-Neck sangat cocok dikenakan untuk Anda berleher pendek. Karena, dari polanya bisa membuat kesan leher semakin terlihat lebih panjang. Untuk desainnya sendiri, umumnya jenis V-Neck tidak didesain secara kombinasi, hanya mengandalkan warna polos.

Kaos U-Neck

Seperti jenis O-Neck dan V-Neck, jenis U-Neck memiliki potongan leher berbentuk U. Hampir mirip O-Neck, tetapi kerah U-Neck lebih lonjong ke bawah.

Kaos Y-Neck

Bentuknya mirip huruf Y, beda tipis dengan jenis V-Neck. Tetapi Y-Neck memiliki kerah dan ada tambahan kancing pada kerahnya.

Kaos Polo

Kaos polo disebut juga kaos berkerah. Ialah kaos dengan desain memiliki kerah pada bagian lubang lehernya.

Kaos Raglan

kaos raglan

Foto: Pinterest

Jenis raglan memilikii sambungan tangan yang miring. Yaitu, dari ketiak secara langsung ke lubang leher. Sehingga pola tangannya akan lebih besar. Selain itu, ada variasinya yaitu, leher V-Neck atau O-Neck.

Turtle Neck

Jenis Turtle Neck model kerahnya lebih mirip dengan sweater yaitu, memiliki kerah tinggi. Kerah tinggi menghadirkan suasana hangat dan tetap nyaman apabila dipakai. Selain itu, sangat cocok dikenakan oleh Anda yang berleher tinggi.

Dari semua jenis di atas, kaos O-Neck lah yang sering dijumpai di pasaran. Model baju pria yang satu ini juga ada sejak awal perkembangannya sebelum banyak modifikasi ditemukan.

Jenis-Jenis Model Baju Pria - Kemeja Zaman Now

Ada beragam jenis kemeja pria pada zaman now.  Berikut uraiannya.

Camp Shirt

Bentuknya ialah kemeja lengan pendek, sederhana, dan ada saku depan serta kerah samping. Kemeja ini bersifat semi formal, sehingga cocok dikenakan untuk kuliah sehari-hari dan dipadukan dengan jaket sekaligus jeans. Pasti trendi bagi kalangan mud ajika mengenakan model baju pria yang satu ini.

Dinner Shirt

Outfit ini lebih cocok untuk menghadiri acara pesta dansa atau digunakan oleh karyawan hotel pria untuk melayani tamu eksklusif. Biasanya, dipadukan dengan dasi kupu-kupu putih atau hitam.

Dress Shirt

Cocok digunakan untuk acara resmi seperti menghadiri acara wisuda, karena memiliki bukaan penuh dari bawah hingga ke kerah, serta menggunakan kancing, lengan, sekaligus manset. Penggunaannya cocok dipadukan dengan dasi panjang, jas hitam, sekaligus pantofel.

Winchester Shirt

winchester shirt

Foto: Pinterest

Model baju pria ini memiliki motif garis, berwarna, namun umumnya dilengkapi dengan kerah putih sekaligus manset. Biasanya pegawai kantoran mengenakan jenis winchester shirt. Kendati demikian, jenis winchester shirt tidak hanya cocok untuk acara resmi, tetapi juga cocok untuk acara casual.

Sleeveless Shirt

Kemeja ini tanpa lengan, atau biasa disebut dengan tank top. Jarang memang jenis ini digunakan oleh lelaki.

Polo Shirt

polo shirt

Foto: Pinterest

Jenis polo shirt sangat popular di kalangan anak muda. Selain memang nyaman, menyerap keringat, juga mampu menggambarkan suasana casual dan masih trendi. Untuk mahasiswa, masih cocok mengenakan polo shirt, karena masih terkesan rapi.

Model Baju Pria yang Lebih Disukai, Kaos atau Kemeja?

model baju pria favorit

Foto: Pinterest

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan tentang fashion laki-laki. Pertama, laki-laki lebih suka pakaian simpel. Selain memang nyaman digunakan, juga tidak terkesan ribet. Apalagi pakaian berbordir, hanya sebagian kecil yang menyukainya. Bahkan, untuk motif kotak-kotak kecil ataupun horizontal banyak lelaki yang menghindarinya.

Kedua, lelaki tidak terlalu menyukai warna pakaian beragam. Biasanya lebih suka warna-warna netral. Seperti warna putih, hitam, abu-abu, serta warna-warna kalem.

Nah, dari dua hal di atas, memang terlihat kan jika kaos lebih digemari daripada kemeja?

Bukti lainnya ada pada dua fakta di bawah ini, bahwa kaos lebih banyak peminatnya daripada kemeja.

Pertama, menurut kutipan dari edisusilo.com, sebagian besar laki-laki lebih suka mengenakan kaos daripada kemeja. Alasannya karena terlihat lebih simpel dan santai.

Kedua, melalui halaman kompas.com, jika wanita ingin memberi hadiah kepada gebetan lebih baik memberinya hadiah kaos. Hal ini karena kaoslah pakaian yang sering dikenakan oleh laki-laki. Apalagi memiliki desain menarik.

Kendati demikian, kemeja laki-laki tidak kalah keren untuk dijadikan pakaian kegemaran. Lagi-lagi semua tergantung selera, kenyamanan, budget dan kebutuhan.

Trend Fashion Pria Pada Tahun 2021

Sebelum masuk pembahasan trend fashion laki-laki pada 2021, ada beberapa alasan yang membuat laki-laki tampil lebih fashionable. Di antaranya adalah sebagai sebagai berikut.

  • Ingin memenuhi keinginan yakni, terlihat menarik dan rapi.
  • Bisa mendatangkan keberuntungan, contohnya ketika orang lain memberlakukan Anda, yang dilihat pertama kali adalah dari segi cover atau penampilan.
  • Agar bisa mengikuti perkembangan zaman.
  • Memiliki ragam jenis pakaian.
  • Membedakan pakaian sesuai dengan kegiatannya (tidak salah kostum).

Nah, dari penjelasan di atas dapat diambil intisari bahwa pakaian laki-laki tidak kalah trendi dengan wanita. Memasuki tahun 2021, jenis pakaian di bawah ini masih menjadi tren di kalangan laki-laki.

1. Memiliki Nuansa Monokrom

model baju pria monokrom

Foto: Pinterest

Monokrom ialah perpaduan warna yang hanya mengandalkan tone warna sama, biasanya hanya satu tone warna. Seperti abu-abu, hitam, atau putih. Jika ketiganya dikombinasikan, masih dikatakan monokrom walaupun tidak mengenakan satu tone warna saja. Perpaduan ini sangat cocok dikenakan laki-laki dalam setiap situasi (kegiatan), karena terlihat netral. Warna-warna netral-lah, warna yang cocok untuk laki-laki.

Nah, selain warna monokrom, warna-warna berikut laku keras di pasaran, loh. Yakni, pertama ialah warna beige. Warna ini memberikan kesan cerah terhadap kulit dan aesthetic untuk sesi fotografi.

Kedua, warna kuning. Jika ingin terlihat lebih santai, warna kuning cocok untuk Anda kenakan. Sehingga, akan memberikan kesan yang lebih menyenangkan.

2. Celana Flare

Celana flare ialah celana klasik dan popular pada 1970-an. Bentuknya, bagian atas pas ketika dikenakan, sedangkan bagian bawahnya sedikit melebar. Jika ingin memadupadankan, celana flare cocok untuk atasan slim fit.

3. Topi

Topi bukan sekadar penutup kepala, tetapi juga bisa menjadi trend fashion yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menggunakan topi dengan warna sekaligus desain yang sesuai dengan karakter busana Anda.

4. Atasan Berbahan Tipis

Atasan berbahan tipis sering dijumpai pada kaos. Soal kegemaran? Banyak yang gemar mengenakannya. Karena, menggunakan bahan tipis itu akan membuat bentuk tubuhnya terlihat bagus. Terlebih bagi laki-laki berotot di bagian perut serta dadanya, pasti ingin menonjolkannya.

5. Blazer Tanpa Kemeja

model baju pria blazer dengan kaos

Foto: Pinterest

Blazer ialah atasan dari jas. Pada 2020, trennya tanpa menggunakan kaos atau kemeja sebagai dalamannya. Walaupun demikian, justru terlihat sangat manly.

6. Rompi

Rompi bukan sekadar ajang unjuk penampilan, tetapi bisa sebagai penghalau dingin ketika mengendarai kendaraan bermotor. Patut dicoba?

7. Jaket Kulit

Sejak dulu hingga nanti, sepertinya jaket kulit masih menjadi model baju pria favorit untuk menunjang penampilan. Jaket kulit cocok dipadu-padankan dengan jeans sekaligus kaos putih. Terlihat casual dan tetap maskulin.

8. Cross Body Bag

Cross body bag ialah tas selempang di dada. Tas ini cocok dikenakan oleh laki-laki, bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang (dompet, ponsel) ketika bepergian atau sekadar mengikuti tren agar lebih modis.

Nah, itulah pembahasan model baju pria 2021. Sebagus apapun modelnya, bahkan sesimpel apapun modelnya, jika bahannya tidak nyaman digunakan, ya lelaki tidak akan membelinya. Meskipun barang branded sekalipun. Kalau kamu sendiri, model baju 2021 seperti apa yang akan menjadi andalanmu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin